Tuesday, August 16, 2011

Keunggulan dan Kelemahan dari sejarah teori-teori Sistem Periodik

Dalam sejarah sistem periodik, teori-teori yang dimunculkan oleh para ahli mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Di sini kita akan ungkap tuntas tentang keunggulan dan kelemahan dari teori teori tersebut. Ayo langsung kita masuk ke topik utama :)



1. Menurut Lavosier

Keunggulannya: Sudah mengelompokan 36 unsur yang ada berdasarkan sifat kimia sehingga bisa dijadikan referensi bagi ilmuwan-ilmuwan setelahnya.

Kelemahannya: Pengelompokannya masih terlalu umum


2. Menurut Johan Wolfgang Dobereiner

Keunggulannya: Adanya keteraturan sikap unsur yang sifatnya mirip massa atom. Unsur yang kedua merupakan massa atom rata-rata di massa atom unsur pertama dan ketiga.

Kelemahannya: Pengelompokan unsur ini kurang efisien dengan adanya beberapa unsur lain dan tidak termasuk dalam kelompok triad padahal sifatnya sama dengan unsur dalam kelompok triad tersebut.


3. Menurut Newlands

Keunggulannya: Dapat mengelompokan unsur-unsur berdasarkan kenaikan massa atom relatif.

Kelemahannya: Dalam kenyataannya masih ditemukan beberapa oktaf yang isinya lebih dari delapan unsur dan penggolongannya ini tidak cocok untuk unsur yang massa atomnya sangat besar.


4. Menurut Ivanovich Mendeleev

Keunggulannya: Mendeleev berani mengosongkan beberapa tempat dengan keyakinan bahwa masih ada unsur yang belum di kenal.

Kelemahannya: Penempatan beberapa unsur tidak sesuai dengan kenaikan massa atom.


5. Menurut Henry G. Moseley

Keunggulannya: Sifat periodik lebih tepat dikatakan sebagai fungsi nomor atom. Sistem periodik unsur modern disusun berdasarkan nomor atom dan kemiripan sifatnya.

Kelemahannya: Kenaikan massa atom masih ada yang tidak sesuai tetapi semua tertutup oleh keunggulannya.

0 komentar:

Post a Comment

Berkomentarlah agar saya bertambah semangat mengupdate blog ini. Bila ada link yang rusak mohon segera laporkan di sini. Apabila ada pertanyaan yang belum terjawab, mohon maklum karena saya pelajar dan mengurus blog ini sendiri. Jika memang pertanyaan memang penting bisa langsung ditanyakan lewat facebook,twitter, atau email saya: luqmanalamsyah@rocketmail.com
Terima Kasih!